Rabu, 17 Maret 2010

CARA MERAWAT PROTESA MATA

Merawat protesa mata sangat diperlukan agar tetap nyaman dipakai.
Protesa mata tampak bersih baik protesanya itu sendiri atau sekeliling kelopak mata. Kelopak mata dan kantung tempat protesa ( soket ) diharapkan tidak terdapat tanda tanda infeksi.

Infeksi pada soket yang berulang, akan menimbulkan jaringan parut pada dinding soket. Ini mengakibatkan pendangkalan soket. Yang akhirnya menyebabkan protesa tidak dapat terpasang lagi pada soket. Keadaan yang tidak diinginkan ini perlu dilakukan operasi untuk membentuk kembali soket. Soket harus diperluas.

Cara memelihara protesa mata :

1. Tanggalkan protesa mata secara teratur dua atau tiga hari sekali.
2. Protesa mata dibersihkan pada saat dilepaskan, dengan mencelupkan protesa ke dalam air matang sekitar lima sampai sepuluh menit.
3. Bila protesa mata tampak kusam pada bagian kornea atau skleranya, permukaan ini dapat dibersihkan dengan Wax Kit, pembersih / pengkilat cat mobil. Setelah permukaan protesa tidak kusam, protesa dicelupkan ke dalam air matang dahulu sebelum digunakan,
4. Bila terdapat infeksi pada soket, tanda tandanya adalah rasa sakit atau merah pada selaput mata, ini harus segera di obati. Periksakan segera ke dokter mata agar infeksi segera teratasi, sehingga tidak timbul jaringan parut.
5. Perikasakan segera ke dokter mata bila terdapat gejala mulai sulit protesa terpasang pada mata.

Pemeliharaan rutin yang baik, protesa tetap nyaman di pakai.

vertex island

Tidak ada komentar: