Jumat, 29 Januari 2010

NASI GORENG ALA VERTEX ISLAND

Semua orang pasti mengenal nasi goreng, dapat dinikmati dengan beribu ribu macam resep. Nasi goreng Sea food, nasi goreng kambing, nasi goreng pete, nasi goreng Hainan dan sejumlah jenis nasi goreng lainnya.

Namun pada dasarnya membuat nasi goreng ala vertex island harus di perhatikan cara pengolahannya agar dapat mencapai cita rasa yang optimal.

Bahan Terserah selera anda :

1. nasi.
Dapat berupa nasi pulen ataupun biasa. Tergantung selera.

2. Bumbu : Bumbu dasar terdiri dari garam, cabai, bawang merah, bawang putih, bawang bombay, gula, merica, kunir, kecap asin, kecap manis, megi atau sambal siap pakai. Tergantung selera yang diinginkan atau tergantung dari bahan yang ada.

3. Minyak : Minyak sayur, minyak wijen atau Mentega.

4. Pelengkap : Telur Dadar atau telur Ceplok atau Babat, Daging ayam atau daging kambing atau sea food atau tomat, pete, lembaran daun kol muda atau kacang polong dan sebagainya.


Cara :
1. Buatlah tumis bumbu sampai matang dan harum, menggunakan minyak sayur. Tumis bumbu jangan terlalu matang atau gosong dan jangan belum matang. Persiapkan minyak sayur sampai panas. Jangan menggunakan mentega.

2. Telur dadar atau Telur Ceplok dibuat tersendiri, dibuat sebagai pelengkap pada saat menghidangkan. Telur jangan dicampurkan ke dalam bumbu, karena bumbu tidak akan meresap ke dalam nasi bila telah tercampur dengan telur.

3 Membuat bumbu perkirakan jumlahnya secukupnya sesuai dengan keinginan. Jangan terlalu asin dikarenakan garam dan kecap asin atau terlalu manis dikarenakan gula dan kecap manis. Mak nyooos....

4. Mentega dibubuhkan pada nasi goreng sewaktu nasi goreng sudah hampir diangkat, nasi goreng dalam keadaan panas. Aduklah mentega dengan nasi goreng sampai rata. Jangan terlalu lama. Bila terlalu lama maka bau harum mentega aknn menghilang. Nasi goreng segera dihidangkan.

5. Tambahkan pelengkap : telur dadar yang sudah dipotong potong atau potongan daging ayam/ kambing, sea food, babat atau pete dapat dicampurkan pada nasi goreng yang telah jadi.
Sedangkan potongan tomat dan lembaran kol muda secukupnya bisa disandingkan dengan nasi goreng yang telah jadi di atas piring.

6. Hidangkan Nasi goreng dalam keadaan panas, jangan dihidangkan sudah dalam keadaan dingin.

Nah.. siap sudah nasi goreng yang dapat segera disantap. Rasa nasi goreng dengan pengolahan yang baik seolah melekat di lidah. Nasi goreng buatan sendiri. Makan........ Sampai berkeringat.

Tidak ada komentar: