Minggu, 10 Januari 2010

KETRAMPILAN MEMBANGUNKAN HUBUNGAN MANUSIA

Dalam pergaulan antar manusia perlu menjalin hubungan yang baik. Di kantor, perusahaan, lingkungan dan sebagainya. Dengan ketrampilan ini berdampak anda akan dihargai dan akan bertambah teman yang menaruh respek terhadap anda

Untuk membangun ketrampilan hubungan manusia, cobalah untuk:

• Bicara dalam kaitannya dengan kepentingan orang lain. Tidak hanya mengemukakan kepentingan diri sendiri.

• Ajukan perintah sebagai bentuk pertanyaan. Walaupun hubungan dengan rekan dekat, tentunya tidak akan merasa senang atau nyaman bila diberikan perintah secara langsung. Ajukanlan sebagai usulan persetujuan atau sebagai pertanyaan, perintah tersebut akan dilaksanakan seolah olah seperti yang ia usulkan.
Bandingkan :
“ Taruh komputer disini !”
“ Bagaimana kalau komputer ini diletakkan di meja saya?”

• Jadilah pendengar yang baik. Orang yang dapat mendengarkan lawan bicara secara efektif, biasanya menunjukkan orang yang bijak dan cerdas.

• Mendorong orang lain untuk mempersilakan berbicara tentang diri mereka sendiri.
Dengan dipersilakannya berbicara akan membuat nyaman dan merasa dihargai. Ajukan pertanyaan yang berhubungan dengan topik, sehingga andapun mendapat informasi yang lebih luas.

• Jadilah sungguh-sungguh tertarik pada topik yang dibicarakan. Dalam keterlibatan pembicaraan berikanlah pujian pujian yang tulus dan tidak berlebihan. Pujilah obyek yang tampak patut dipuji, sebaiknya jangan memuji secara kwalitatif.
Bandingkan :
“ woow warna pakaianmu serasi banget……., rambutmu lain deh kali ini……..”
“ kamu cantik banget, kaya ……………oh……………….”

Tidak ada komentar: