Senin, 25 Januari 2010

BAGAIMANA MENJADI PENDENGAR YANG EFEKTIF

Seorang anak berumur 10 tahun, baru pertama kali bertemu dengan seorang anggauta DPR yang baru di lantik, langsung terlibat dalam pembicaraan yang mengasyikan. Dan anak tersebut di nilai sebagai anak cerdas. Mengapa dapat langsung dinilai sebagai anak cerdas. Karena anak tersebut telah memiliki kemampuan untuk mendengarkan dengan baik. Hmmm …. Malahan harus dicontoh oleh pembicara tersebut

Sebagai insan dalam dunia pergaulan untuk menjalin persahabatan yg baik diperlukan ketrampilan mendengarkan.

Keterampilan mendengarkan merupakan bagian integral dari membangun hubungan antar personal di masyarakat, di tempat kerja, di pertemuan, di keluarga dan di mana saja kita dapat bertemu dengan teman lama atau baru

* Pandanglah orang sedang berbicara dengan jalan kontak mata, menandakan bahwa kita mendengarkan dan memberikan perhatian/ minat terhadap terhadap pembicara. .

* Ajukan pertanyaan secara bijak. Apa, di mana, oleh siapa dan bagaimana mengenai topik pembicaraan yang sedang di ungkapkan. Dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan, anda tidak hanya dapat lebih memahami apa yang orang katakan, tetapi anda melibatkan mereka.

* Jangan menyela. Ikuti pembicaraan dengan seksama. Semua orang pasti tidak akan senang atau tidak nyaman bila pembicaraannya di cela. Bila kita tidak setuju atau sependapat ajukan sebagai bahan diskusi yang akan menghangatkan pembicaraan.

* Jangan mengubah topik pembicaraan. Coba tuntaskan topik pembicaraan sampai pembicara merasakan relax telah mengungkapkan suatu topik.

* Tampilkan emosi yang terkontrol. Berikanlah anggukan yang secukupnya, bahwa kita setuju dan mendengarkan semua pembicaraan.
Emosi adalah bentuk umpan balik non verbal. Senyum atau cemberut membiarkan orang tahu bahwa anda memahami apa yang mereka katakan.

• Berikan respon yang tepat. Dengan memberikan respon yang tepat terhadap topik pembicaraan. Pembicara akan menaruh kesan yang melekat terhadap lawan bicara. Jika sebuah pertanyaan atau kekhawatiran yang belum terjawab, menunjukkan bahwa anda akan menindaklanjuti, mengambil tindakan atau mengajukan usulan.


Seorang karyawan perusahaan yang meniti kariernya dari bawah dengan cepat mendapat kedudukan lebih cepat dibandingkan dengan teman sekerjanya, karena ia memiliki kemampuan untuk mendengarkan setiap atasan langsungnya dan mampu memberikan respon serta usulan usulan yang baik

Tidak ada komentar: