Sabtu, 19 Desember 2009

Lima tanda yang harus diwaspadai timbulnya Tumor Ganas.

1. Mata seperti mata kucing ( cat eye ). Biasanya pada anak2. Kemungkinan besar suatu tanda awal dari tumor ganas Retino Blastoma.. Besar tumor bisa lebih dari ukuran kepalan tangan dewasa. Tumor ganas ini harus segera di diagnosa, secepatnya diambil .tindakan operatif dengan mengangkat bola mata, Tumor ini cepat bermetastase (menyebar) ke organ lain. Sehingga mengancam jiwa anak.

2. Tumor pada bola mata yang semula kecil tiba tiba secara cepat membesar dalam waktu kurang dari 2 bulan. Mata mula mula menonjol ke depan posisi mata berubah tidak simetris, penglihata menjadi dobel. Keadaan ini bisa berasal dari tumor ganas di belakang mata.

3. Tumor Ganas juga dapat terjadi pada kelopak mata. Sering diduga sebagai bintitan atau bintilan. Setelah dilakukan operasi bintilan ternyata tidak sembuh bahkan bertambah besar. Ternyata suatu Tumor ganas kelenjar pada kelopak mata.

4. Tumor ganas dapat timbul pada kulit sekitar mata. Struktur kulit terjadi perubahan menjadi tukak, bengkak, memerah, mudah berdarah, tahi lalat yang semakin bertambah besardan luas.

5. Penglihatan tiba tiba menghilang bisa ditimbulkan oleh tumor ganas di belakang mata, atau metastase tumor ganas pada otak.

Penanganan dini tumor ganas akan menentukan keberhasikan terapi. Semakin cepat lebih baik.

Tidak ada komentar: