Selasa, 29 Desember 2009

KONTAK LENSA SOFT AGAR LEBIH AWET

Selain mendapatkan penglihatan yang lebih baik menggunakan lensa kontak soft, diperlukan lebih awet di pakai dan aman bagi mata. Lensa kontak soft yang dipasang tanggalkan setiap hari, hanya mampu 4 – 5 bulan pemakaiannya, kemudian tidak nyaman lagi untuk dipakai. Untuk itu perlu diperhatikan factor 2 apa saja yang dapat await atau memperlama pemakaian .

1.Gunakan cairan pencuci dan cairan penyimpan sesuai dengan Merk lensa kontak soft tersebut.

2.Mencuci lensa kontak soft, gunakan jari kelingking. Jangan menggunakan jari telunjuk, karena diameter jari telunjuk lebih besar, sehingga akan melebarkan diameter lensa kontak.

3.Gunakan 2 jenis cairan untuk membersihkan lensa kontak soft, yaitu cairan pembilas dan cairan pencuci. Kalau ingin awet jangan menggunakan cairan two in one yaitu cairan pembilas sekaligus pencuci.

4.Simpanlah lensa kontak soft pada tempat dan cairan penyimpan yang bersih. Bila cairan sudah tampak keruh segera dig anti.

5.Tanggalkan lensa kontak sesuai dengan waktu yang dianjurkan.

6.Bila mata menjadi merah harus segera ditanggalkan, untuk menghindari adanya infeksi pada mata lebih lanjut. Pemakaian lensa kontak soft pada peradangan mata biasanya pada permulaan tidak bergejala.

7.Jangan menggunakan lensa kontak soft pada saat mata menggunakan obat tetes apapun. Obat tetes mata akan merusak lensa kontak atau jaringan kornea di bawahnya.

8.Pemakaian lensa kontak soft dapat dipasang kembali sehari setelah mata tidak menggunakan obat tetes mata. Agar yakin, sudah tidak terdapat zat kimia di kornea mata.

9.Pengguna lensa kontak soft bila berada di daerah berdebu dianjurkan menggunakan kaca mata pelindung.


Vertex island

Tidak ada komentar: