Kamis, 29 Oktober 2009

PAN CAKE ALA VERTEX ISLAND

PAN CAKE ALA VERTEX ISLAND


Sebagai penggemar pan cake, yang mana telah saya kenal sejak saya kecil, karena bundaku senag membuat kue ini untuk anak anaknya.
Sehingga setiap membeli di restoran atau toko kue sering ditemukan  rasa yang tidak cocok bagi lidah saya karena rasa yang tidak pas.
Rasa yang tidak pas itu saya rasakan adalah munculnya rasa yang agak pahit yang ditimbulkan dari baking powder. Oleh karena itu setiap membuat sendiri pan cake dengan jalan menurut resep di bawah ini Lebih sederhana !

Pan cake ala vertex island ini sangat mudah, bahan dasar sederhana, cara mengerjakannya mudah sekali. Yang pasti enak dan puas.
Pan cake ini cocok sekali dihidangkan sore sore sambil minum kopi berkumpul sekeluarga nonton TV. atau malam malam ketika ingin cemilan yang mengasyikan., buatan sendiri. Tahukah bahwa makanan ini

Bahan ;
Tepung terigu 100 gr
Air putih 1 gelas
Mentega 3 sendok makan
Telur ayam 1 butir
Gula putih 2 sendok makan
Garam secukupnya
Susu kaleng bendera
Keju parut
Coklat Meisyes

Alat yang diperlukan :
Penggorengan teflon atau wajan biasa juga bisa.
Sudit yang terbuat dari kayu

Cara membuat
:
Tepung terigu tambahkan air sedikit demi sedikit hingga tercampur rata. Adonan sampai berbentuk cairan yang kental. Seperti kentalnya kecap manis.

Kemudian bubuhkan garam secukupnya demikian juga gula jangan terlalu banyak. Adonan ini sangat sederhana, dapat juga ditambahkan satu butir telur ayam. Adonan ini tidak menggunakan soda pengembang.

Siapkan alat penggoreng Teflon atau penggoreng tradisional, kemudian panaskan dengan api yang sedang sedang saja. Bubuhkan mentega pada alat penggoreng tersebut hingga rata.
Masukkan adonan yang telah jadi ke dalam penggorengan, kemudian penggorengan diatas api di goyangkan melingkar ke kiri ke kanan sehingga membentuk lapisan tipis berdiameter 10 – 15 cm.

 Adonan panaskan sampai berubah tampilan menjadi kering. Ditengahnya bubuhakan susu bendera atau keju parut atau coklat meisyes sesuai selera. Kemudian lipat, sehingga menutupi isi tadi .
Isi pan cake bisa apa saja, maksudnya yang tersedia di lemari kita, ada susu kaleng saja sudah enak, Baik yang rasa coklat atau biasa,
Sebelum diangkat adonan yang telah matang olesi kembali dengan mentega, sampai tercium aroma harumnya mentega.

Hidangkan 2 buah lipatan pan cake buatan sendiri diatas sebuah piring kecil dengan secangkir kopi atau secangkir teh manis panas. Woww, rasanya Mantab…… heerlijk ... !!

vertex island

Tidak ada komentar: