Jumat, 14 April 2017

TIPS MUDAH, MANDIRI DAN PRAKTIS MERAWAT KUKU DAN JARI KAKI




Kaki adalah bagian tubuh yang harus selalu kita amati keadaan kesehatannya, terutama kuku jempol adalah bagian yang sangat mudah terinfeksi jamur selain bakteri atau virus.

Perawatan kuku dan jari kaki bukan hanya pada wanita saja tapi juga pada pria bagian ini perlu diperhatikan keadaannya. 

Yang tidak kita sadari adalah terjadinya infeksi jamur pada bagian sela kaki dan kuku. Sehingga bentuk kuku akan berubah menjadi jelek rusak bentuknya, bergelombang, rapuh, busuk dan berbau. 

Jamur yang tumbuh di kaki akan diperburuk oleh kelembaban kaki yang terlalu lama, misalnya menggunakan sepatu yang tertutup.Lebih diperparah dengan penggunaan kaus kaki yang kotor.

Bagi wanita perlu diperhatikan bila menggunakan cat kuku. Amati selama penggunaan cat kuku.
Bila terjadi masalah pada kuku haruslah waspada akan ketidak cocokan dengan bahan yang dikandung pada cairan cat kuku. Segera ganti cat kuku yang lebih cocok dengan tubuh.

Ciri-ciri kuku dan jari kaki yang tidak sehat yaitu:

* Kuku tapak kasar dan keruh, tidak mengkilap, tidak simetris
* Kuku menjadi tebal, permukaan tidak rata.
* Kuku akan sangat berbau Karena adanya kotoran atau jamur.
* Sela sela jari terdapat lecet, kadang kadang terjadi penebalan dengan sel sel permukaan
   kulit yang mengelupas.
* Sela sela kaki berbau menyengat.

Jika anda memiliki kuku kaki yang rusak dan bau, dapat diusahakan sendiri dahulu dengan jalan :

1       1. Rendamlah kaki dengan air hangat dengan sabun cair, antiseptik secukupnya.
Bersihkan kuku dan jari kaki dengan kedua tangan, pada sela kaki dan kuku.

Sela kaki bersihkan bia ada kelainan pada kulitnya. Juga bersihkan kuku dari kotoran yang berada di bawah kuku dan di samping kuku.

   2. Gunakan sabun cair sebagai pendahuluan untuk membersihkan kuku dan jari kaki, barulah ganti dengan cairan anti septik secukupnya.
 
Cairan anti septik dapat menggunakan obat kumur, kareana obat kumur, umumnya mengandung thymoleucalyptol, dan salicylate. Unsur unsur tersebut efektif membunuh bakteri dan jamur.  Selain itu salisilat bersifat keratolitik yang akan menghaluskan permukaan kulit kaki yang tebal dan kasar.

Rendamlah kaki dengan air hangat  kurang lebih seperempat jam kemudian bersihkan dengan handuk bersih, lakukan setiap hari sebelum tidur.

3.     3.      Kurangi penyebab kelembaban yang berlebih pada kaki.
Paling sering keadaan ini akibat pemakaian sepatu yang terlalu rapat, ukuran yang terlalu ketat atau sepatu yang tidak bersih dan berbau.

Bila terdapat masalah pada kuku dan jari kaki, gantilah sementara sepatu yang lebih longgar, kaus kaki yang bersih. Dalam sehari bairkan kaki terbuka dahulu mendapat udara bersih dalam beberapa waktu, agar mengurangi kelembaban.

4       4.   Bila kaki sudah bersih dan kering, sebaiknya berikan nutrisi untuk kesehatan permukaan kulit dan kuku dengan jalan memberikan minyak zaitun, atau Bio cream.

Oleskan satu sendok makan minyak zaitun pada jari atau kuku yang sudah dibersihkan, ini akan memberi nutrisi yang baik pada jari dan kuku untuk mencegah terjadinya infeksi.
        
         5.   Memijit kaki secara rutin, lakukan pada ruas ruas jari kaki dengan mengunakan minyak zaitun. Ini akan memperlancar peredaran darah sekitarnya.

5       6.  Bila terdapat kelainan lebih baik konsultasikan kepada dokter anda untuk menentukan jenis kelainan atau infeksi yang terjadi.

Selamat merawat kuku dan jari kaki anda ….


vertexisland

Tidak ada komentar: