Rabu, 05 April 2017

TIPS EFEKTIF MENGECILKAN PERUT TANPA RESIKO LOW BACK PAIN





Banyak metode untuk mengecilkan perut dengan cara olah raga, bahkan dengan cara yang berlebihan.


Diantaranya dalam jangka waktu pendek maupun jangka waktu panjang akan menimbulkan kalainan di tulang belakang, khususnya pada tulang pinggang. Sehingga menimbulkan gejala Low Back Pain.

Perut buncit menimbulkan masalah bagi seseorang baik bagi laki laki atau perempuan
1.   Terasa penampilan sangat terganggu, sehingga mengurangi percaya diri dihadapan orang sekitarnya.

2.  Juga aktifitas sehari hari kurang fleksibel bila dibandingkan perut lebih langsing. Misalnya saja untuk melompat, jongkok untuk mengambil sesuatu dilantai.

Kita ketahui bahwa dalam rangka mengecikan perut adalah menjaga pola makanan yang kita konsumsi. Diantaranya menghindari gula, mengurangi karbohidrat, memperbanyak konsumsi protein, mencukupkan minum air putih.

Namun disamping itu, olah raga yang rutin merupakan factor untuk mempercepat tujuan mengecilkan perut.  Dijalankan dengan tidak berlebihan, aman, tidak begitu memakan waktu yang lama dan mudah dilakukan.  Paling pas adalah dengan menyempatkan waktu setelah bangun tidur.


Masalah utama olah raga untuk mengecilkan perut adalah mencegah terjadinya beban terhadap tulang belakang didaerah pinggang. 

Contohnya, gejala ini tampak bila mengangkat kedua kaki, tungkai atas dan tungkai bawah di angkat keatas bersama sama. 

Atau beberapa metode yang sering dilakukan untuk mengecilkan perut, membuat gerakan mengangkat badan (bangun) dari keadaan posisi tidur terlentang, sementara kedua kaki dipegang oleh orang lain.

Coba lakukan sendiri, cara cara tersebut menimbulkan ketegangan otot otot perut, ini tampak bila kita pegang otot perut terasa lebih keras dan tegang. Tetapi merasa berat di daerah pinggang.
Keadaan itulah terjadi beban yang lebih besar pada tulang tulang belakang di pinggang, yang memungkinkan terjadinya Low Back Pain. 

                                                                                           
Dengan perkataan lain untuk mengecilkan perut dengan jalan menegangkan otot otot perut haruslah tanpa memberi beban pada tulang pinggang.


Gerak olah raga ini ;

1.      Mengangkat tungkai atas dan tungkai bawah pada sebelah kaki.

Posisikan badan tidur terlentang dengan kedua tangan di samping, kemudian mengangkat lurus tungkai atas dan tungkai bawah dari alas lantai sehingga membentuk sudut empat puluh lima derajat dari alas.

Hanya pada satu kaki saja, sedangkan kaki lainnya jangan diangkat tetapi dilekukkan pada sendi lutut.

Tahan selama hitungan satu sampai sepuluh, kemudian lakukan bergantian dengan cara yang sama pada kaki lainnya.

Lakukan pada kaki kanan dan kaki kiri bergantian sebanyak sepuluh kali setiap hari.

Kita dapat mengetahui dengan gerakan ini, timbul ketegangan pada perut bagian bawah, tanpa membebani tulang belakang bagian pinggang.

2.      Mengangkat badan bagian atas (dada dan kepala), sedangkan tungkai atas dan tungkai bawah pada kedua kaki bersama sama dilekukkan pada sendi lutut.

Posisikan badan tidur terlentang dengan kedua tangan di samping, kemudian mengangkat badan bagian atas (dada dan kepala), sedangkan tungkai atas dan tungkai bawah pada kedua kaki bersama sama dilekukukkan pada sendi lutut.

Tahan gerakan tersebut selama hitungan satu sampai sepuluh, kemudian letakkan kembali posisi badan atas dan kepala pada posisi semula.

Lakukan gerakan ini sebanyak sepuluh kali setiap hari.

Kita dapat mengetahui dengan gerakan ini, timbul ketegangan pada perut bagian atas, tanpa membebani tulang belakang bagian pinggang.

3.      Mengangkat badan bagian atas (dada dan kepala) dengan grakan ke kanan dan ke kiri bergantian, sedangkan tungkai atas dan tungkai bawah pada kedua kaki bersama sama dilekukkan pada sendi lutut.


Posisikan badan tidur terlentang dengan kedua tangan di samping, kemudian mengangkat badan bagian atas (dada dan kepala) dengan merotasi badan ke arah kiri, sedangkan tungkai atas dan tungkai bawah pada kedua kaki bersama sama dilekukkan pada sendi lutut.

Tahan gerakan tersebut selama hitungan satu sampai sepuluh, kemudian letakkan kembali posisi badan atas dan kepala pada posisi semula.

Lakukan gerakan ini sebanyak sepuluh kali setiap hari.

Kita dapat mengetahui dengan gerakan ini, timbul ketegangan pada perut bagian samping, tanpa membebani tulang belakang bagian pinggang.

4.      Posisikan badan tidur tengkurep dengan satu tangan samping, tangan lainnya ke atas kemudian di angkat sampai membentuk sudut empat puluh lima derajat dari alas. Bersama itu pula salah satu kaki tungkai atas dan tungkai bawahnya diangkat ke atas sampai membentuk sudut empat puluh lima derajat dari alas.

Tahan gerakan tersebut selama hitungan satu sampai sepuluh, kemudian letakkan kembali posisi tungkai dan lengan pada posisi semula.

Lakukan gerakan ini sebanyak sepuluh kali setiap hari.

Kita dapat mengetahui dengan gerakan ini, timbul ketegangan pada perut bagian atas dan bawah, tanpa membebani tulang belakang bagian pinggang.

Dengan gerakan gerakan tersebut yang sederhana ini, akan mengurangi lingkar perut yang signifikan setelah dilakukan selama tiga bulan secara rutin.


Jangan lupa ukur lingkar perut sebelum dan sesudah melaksanakan cara ini.
 
Oo Ya … untuk menghindari beban pada tulang pinggang sewaktu bangun tidur, jangan melakukan bangun tidur secara lurus ke depan, tetapi lakukan terlebih dahulu menghadap ke samping kanan atau kiri, barulah bangun.  Rasanyapun lebih nyaman.

Jangan lupa ukur lingkar perut sebelum dan sesudah melaksanakan cara ini.
Salam.


vertex island

Tidak ada komentar: