Minggu, 24 Agustus 2014

PENGELOLAAN KEUANGAN PRIBADI

Pengelolaan keuangan pribadi perlu dilakukan Anda dapat menggunakan uang dimulai ssat sekarang hingga masa depan untuk menjalani hidup yang ideal.

Pemenuhan pengelolaan keuangan untuk kehidupan sehari-hari, kebanyakan kita tidak belajar, dan tidak tahu berapa banyak uang Anda harus habiskan pada hal-hal seperti sewa, pembayaran mobil, dan makanan. Berapa banyak uang yang harus tabung untuk tujuan Anda setiap bulannya. Sering tidak terkontrol, bahkan tanpa kendali kebutuhan apa saja yang kita perlukan. Terjebak dalam ketidak seimbangan pengeluaran yang memungkinkan perencanaan keuangan pribadi tidak memfoluskan hanya dalam jangka pendek saja tanpa merencanakan dan di kemudian hari, misalnya untuk pemsiun, kejadian yang tidak terduga atau biaya untuk pendidikan anak dan sebagainya.

Pengelolaan ini tidak terpaku pada besar kecilnya pendapatan yang kita dapatkan.  Mulalilah dengan formula ini agar menjadi suatu acuan dan regular dalam kehidupan se hari hari agar pelaksanaanya dapat terbiasa dan menjadi perilaku pribadi yang unik dalan pengelolaan keuangan pibadi.

Pengelolaan keuangan pribadi  secara efektif mungkin sedikit berbedadengan  tahap hidup Anda sekarang, namun ini masih ada cara yang mudah, dapat diaplikasikan menggunakan formula :  rule of thumb.

Formula 50 : 20 : 30 untuk pengelolaan keuangan pribadi :

 * 50 persen dari laba bersih Anda setiap bulan sisihkan untuk biaya tetap yang harus dikeluarkan , misalnya sewa, biaya perumahan, target biaya makan sehari hari hari, transportasi, pembayaran asuransi, utilitas, dll

 * 20 persen harus disisihkan untuk  tujuan keuangan Anda, misalnya pembayaran tambahan utang, tabuangan di Bank, pensiun, pembayaran rumah seabagai investasi, cadangan keuangan bila terjadi sesuatu yang tidak terduga, asuransi  dll

 * 30 persen kemudian dapat digunakan sebagai biaya variabel seperti wisata, hiburan, makan di luar, perawatan diri, pemenuahan kegiatan yang berhubungan dengan hobi dan lain-lain

Nah. dengan rumus dasar ini Anda dapat mulai menggunakan uang Anda untuk menjalani hidup ideal Anda baik sekarang dan di masa depan.

Jadi bila  Anda melakukan perhitungan dan Anda menyadari Anda bahwa pengelolaan keuangan pribadi Anda menghabiskan lebih seperti 70 persen dari penghasilan Anda pada biaya tetap,tentunya Anda tidak dapat menyimpan sama sekali guna tujuan keuangan pribadi dan akan  menghabiskan sisa biaya variabel.

Keadaan tersebut yang benar-benar tidak mengatasi pemenuhan dalam pengelolaan keuangan hidup Anda.
Bagaimana untuk mengatasi agar ratio tersebut sedikit demi sedikit dapat dilakukan ?

Misalnya, Anda dapat melakukan perubahan unuk  mengurangi biaya rumah Anda, lakukan dengan  memotong pengeluaran Anda yang tidak perlu seperti biaya keterlambatan membayar pajak pribadi, kendaraan, TV kabel dan  makan malam yang berlebihan .

Agar ratio tersebut dapat terpenuhi,   Anda juga dapat menemukan cara untuk membuat lebih banyak pendapatan tiap bulan, misalnya dengan mengajar, sebagai konsultan atau memberikan jasa sesuai dengan kemampuan, menjual produk sesuatu yang menghasilkan. Sehingga Anda dapat membuat keputusan untuk melakukan yang terbaik untuk mendapatkan keselarasan dengan rasio ini.

Cobalah dengan  dimulai melakukan perubahan kecil berahap tetapi benar-benar mulai merubah dan meningkatkan. Jika Anda tidak belum dapat menyimpan 20 persen, mulailah dengan 1 persen tetapi dalam koridor tujuan untuk meningkatkan jumlah ini setiap periode tertentu, tiap bulankah atau tiap enam bulan. Buatlah komitmen untuk terus melaksanakan sebagai perilaku yang tetap  di mana Anda melawan formula ajaib yang penting ini.

Sekali lagi buatlah kegiatan untuk pengelolaan keuangan pribadi pada item 20 persen tersebut.






vertex island

Tidak ada komentar: