Kamis, 07 Juli 2011

PENILAIAN KWALITAS BERLIAN

Berlian merupakan batu mulia, yang menjadi dambaan setiap wanita untuk memilikinya. Kemilau yang dipancarkan oleh berlian yang berkwalitas, sangat menarik bagi yang melihatnya.

Disamping itu berlian memiliki sifat khusus :
1. Kepadatan masa yang paling tinggi dibandingkan dengan batu mulia lainnya. Berlian memiliki kepadatan 10.
2. Index bias.
Index bias berlian tinggi :2,4. Jika dibandingkan air hanya mempunyai index bias 1,3.

Penilaian kwalitas berlian bagus atau tidaknya menentukan harga berlian itu sendiri. Kwalitas berlian semakin tinggi, semakin mahal pulalah harganya. Penilaian kwalitas berlian tergantung dari nilai 4 C yang saling berkaitan.

4 C terdiri atas :

1. Carat : Besarnya berlian.
Dinyatakan dengan satuan karat. 1Karat berlian seberat 0,2 gram. Satu karat dinilai juga sebagai 100 point. Jadi kalau berlian 0,75 karat sama dengan 75 point. Semakin besar berlian semakin tinggi nilainya dan semakin jarang didapat.

2. Clarity : Kejernihan berlian
Semakin jernih berlian semakin tinggi nilainya dan semakin langka didapat.
Kejernihan berlian memberikan kecemerlangan berlian. Menghasilkan pantulan pantulan sinar yang lebih indah.

Kejernihan berlian berkurang karena adanya noda noda di dalam atau dipermukaan berlian. Noda noda ini dapat dinilai dengan keberadaannya apakan noda dapat dilihat dengan kesat mata atau noda tampak bila menggunakan lensa pembesar. Noda noda ini dapat berwarna colat kekuningan atau noda berawarna kekuning kuningan.
Berdasarkan noda ini berlian dapat diklasifikasikan .

3. Color : Warna berlian
Berlian yang benar benar tidak berwarna, memiliki nilai yang tinggi demikian juga semakin langka didapat. Warna berlian, sering orang mengidentikkan dengan asal berlian berasal.

Berlian yang tidak berwarna memudahkan sinar putih melalui berlian, sehingga semakin banyak sinar putih yang melewati berlian yang dipantulkan sebagai warna pelangi hasil dari cahaya yang dibiaskan.
Warna putih berlian ada yang kekuningan atau sedikit kebiruan. Oleh karena itu, pemilihan warna tergantung selera pribadi seseorang untuk menentukan berlian yang menarik hati bagi pribadi masing masing.

4. Cut : Asahan berlian.
Pangaruh asahan berlian akan menentukan kwalitas berlian dan keindahan berlian. Pengaruh asahan akan berefek pada caranya memantulkan dan membiaskan cahaya.
Berlian memiliki bentuk dasar, dapat berbentuk bundar, oval, markis, pear, hati, emerald dan segi empat.

Sering kita sulit untuk menentukan baik atau tidaknya asahan pada berlian. Toh kita sulit untuk melihat proporsi asahan.
Namun sebagai pegangan adalah : berlian yang diasah dengan proporsi yang baik, akan tampak kecemerlangan dan keindahan yang dipancarkan oleh berlian. Seolah olah pada pergerakan berlian sedikitpun sudah memberikan kerlipan kerlipan sinar yang hidup.

Berdasarkan kriteria 4C tersebut, bila kita memilih berlian yang berkwalitas dapat kita ambil sebagai acuan.
Besarnya berlian mudah untuk menilainya, tetapi untuk penilaian 3C lainnya sangat bervariasi masih tergantung dari selera anda.
Kwalitas berlian yang baik , temtunya memiliki sertifikat atas kriteria 2 tersebut.

vertex island

Tidak ada komentar: