Jumat, 13 Mei 2011

LASER KAPSULOTOMI

Salah satu komplikasi paska operasi Katarak adalah terjadinya penurunan penglihatan dalam beberapa waktu disebabkan penebalan membran kapsul belakang. Posterior Capsule Opacity -PCO.

Komplikasi ini tampak seolah olah katarak berkembang atau muncul kembali. Keadaan ini terjadi karena pada saat operasi katarak, yang mana inti lensa dan masa lensa dikeluarkan dan dibersihkan. Tinggallah suatu kantung yang berisi Lensa intra okuler. Gengan demikian dibelakang Lensa intra okuler terdapat membrane kasul dibelakangnya. Yang seharusnya membrane ini jernih, namun dapt terjadi penebalan. Sehingga penebalan inilah penglihatan akan berkurang. Penebalan ini dapat diatasi dengan merobek membran dengan alat Yag Laser. Tindakannya disebut laser kapsulotomi

Apa yang dilakukan pada laser kapsulotomi?
- Tindakan ini dapat dilakukan tanpa rawat inap.
- Sebelumnya dibubuhkan obat tetes anestesi pada mata yang akan dilakukan tindakan.
- Sinar Laser difokuskan pada membran saja dan setelah beberapa detik pada membran, dengan melakukan beberapa tembakan.
- Dari beberapa tembakan Laser ini tidak terasa sakit, hanya terasa sensasi ketukan ketukan.
- Tindakan ini tidak memakan waktu yang lama.

Persiapan laser kapsulotomi.
Pemeriksaan ketajaman penglihatan sebelum tindakan. Diberikan beberapa tetes obat untuk untuk mencegah kenaikan tekanan bola mata.

Setelah Tindakan laser kapsulotomi
Ketajaman penglihatan diperiksa 10 sampai 15 menit setelah tindakan laser. Ada kemungkinkan untuk memulihkan penglihatan terasa silau terhadap cahaya.

Tingkat Keberhasilan laser kapsulotomi

Pederita akan mendapatkan ketajaman penlihatan setelah dilakukan Laser Kapsulotomi, terutama pada penebalan membrane yang cukup menghalangi.

Kadang-kadang tidak ada perbaikan, jika penyebab utama turunnya penglihatan adalah karena masalah retina bukan masalah membran.

Setelah laser kapsulotomi, pasien sering melihat bayangan mengambang soliter, ini adalah sisa sisa fragmen kapsul yang terlepas. Dengan berjalannya waktu, ini akan menjadi lebih kecil dan akhirnya menghilang.

- Ada risiko kecil terjadi setelah tindakan laser kapsulotomi menyebabkan ablasi retina. (Risiko 1 % ).
- Observasi paska laser kapsulotomi 6 minggu untuk memeriksa bahwa hal ini tidak terjadi ablasi retina.

Tidak ada komentar: