Rabu, 02 Maret 2011

KELAINAN PSIKIS YANG MENYEBABKAN KELAINAN MATA

Beberapa kelainan psikis dapat menybabkan kelainan pada mata, diantaranya

- Penglihatan Buta mendadak, sering terjadi pada gadis yang dipaksa untuk
menikah.
- Penglihatan sentral mata menghilang luas, sering terjadi pada usia dewasa
muda.
- Mata sering berkedip kedip, terutama pada anak anak.


Kelainan psikis yang menyebabkan kelainan mata, biasanya karena rasa cemas atau rasa takut terhadap masalah yang dihadapi.
Penderita tidak dapat mengatasi kelaian psikis tersebut. Kelaianan psikis yang timbul harus diselesaikan sesuai dengan kepribadian penderita dalam menangani masalah. Untuk mendapatkan informasi penyebab dan penyelesaian masalah secara psikis yang timbul pada penderita. Perlu dailkukan kansultasi Dokter Spesialis Penyakit Jiwa ( Psikiater).


Penglihatan Buta mendadak - MALINGERING.
Penglihatan Buta mendadak, kelainan ini sering terjadi pada gadis yang dipaksa untuk menikah, akibat efek menolak.

Penderita biasanya datang berbondong bondong beserta keluaganya. Penderita dipapah karena sama sekali tidak melihat. Pada Pemeriksaan mata penderita biasanya menolak menjawab apa yang ditanyakan pemeriksa. Mata pasien terpaku, tidak dapat melihat.
Dokter pemeriksa dengan berbagai cara Pemeriksaan test Malingering, bahwa penderita sebenarnya tidak terdapat kelainan struktur anatomis dan fungsi mata. Pura pura BUTA, merupakan reaksi penolakan sebagai kelainan psikis.

Berpura-pura sakit adalah istilah medis yang mengacu pada keadaan melebih-lebihkan gejala gangguan mental atau fisik untuk berbagai motif "keuntungan sekunder", yang mungkin termasuk kompensasi dikaitkan dengan penipuan, misalnya; menghindari sekolah, kerja atau dinas militer; mendapatkan obat ; mendapatkan hukuman pidana ringan, atau hanya untuk menarik perhatian atau simpati.


Penglihatan sentral mata menghilang luas- CSR ( Central Serous Retinopati), sering terjadi pada usia dewasa muda.

Penglihatan sentral mata menghilang luas, sering terjadi pada usia dewasa muda. Mata Penderita yang mengalami kelainan bila disarankan untuk melihat wajah pemeriksa di depannya, maka penglihatan di daerah pusat penglihatan akan tampak hitam, hidung pemeriksa tidak tampak. Luasnya tergantung berat ringannya kelainan.

Pada pemeriksan menggunakan alat oftalmoskop, kelainan ini disebabkan terjadinya pembengkakan / odem pada Bintik kuning – Makula Lutea pada Retina. Akibatnya mengalami kelainan ketajaman penglihatan, terjadi Buta warna, sering menimbulkan keluhan sakit kepala, karena mata tidak dapat berfiksasi, tidak dapat menyatukan kesan penglihatan dari ke dua mata.

Penyebab kelainan ini sebenarnya belum diketahui, namun beberapa praktisi menyebutkan kelainan ini disebabkan psikis.
Kalainan ini dapat sembuh total atau bergejala sisa. Waktu penyembuhan dapat cepat dalam beberapa hari atau beberapa bulan.

Mata sering berkedip kedip - TIC , terutama pada anak anak.
Mata sering berkedip kedip, sering diidentikkan dengan manifestasi kelainan kebiasan gigit jari, ngompol, terutama pada anak anak. Sampai sekarang masih dianut sebagai penyebabnya adalah gangguan psikologis.

Anak-anak Anda yang mengalami kedip-kedip terus menerus. Penyakit ini umumnya muncul pada anak berusia 5- 7tahun. Digolongkan sebagai penyakit yang namanya tic. Penyakit ini belum diketahui penyebabnya. tampak sebagai gangguan syaraf.

Definisikan Gangguan Tic tampak sebagai kelainan motorik dengan waktu kelainan yang beragam : tiba-tiba, cepat, nonritmik, gerakan tak terkendali. Penderita juga sadar atas gejalanya yang muncul, tetapi itidak dapat menghentikannya.

Penderita tic, umumnya melakukan kedip-kedip mata juga disertai hiperaktif . Semakin diperingatkan / dilarang oleh orang tuanya, tampak gejala semaki hebat.
Bahkan jika berusaha dihentikan, terkadang gerakannya menjadi lebih hebat.


Pengobatan gangguan tic ini walaupun biasanya tidak diperlukan, namun dengan mengatasi kelainan psikologis anak akan teratasi labih cepat.

vertex island

Tidak ada komentar: