Minggu, 27 Februari 2011

REKREASI SEORANG DIRI ALA VERTEX ISLAND

Rekreasi bersama keluarga atau teman2 sangat menyenangkan seperti yang biasa kita lakukan, sesuai dengan tujuan yang kita sepakati. Namun rekreasi seorang diripun tidak kalah menyenangkan dan dapat di lakukan.

Rekreasi seorang diri adalah salah satu kegiatan yang menyenangkan, di kala :

1. Ingin sendiri berjalan jalan agar tidak terganggu oleh orang lain, sesuai dengan keinginan.
2. Orang lain belum tentu memiliki kesenangan yang sama dengan kita, sehingga kita bebas dari persetujuan orang lain.
3. Menghemat biaya , sesuai dengan anggaran yang ada.

Persiapan :

Tentukan tujuan yang akan direncanakan.

Kita sering melupakan obyek yang dekat dari tempat tinggal, mudah dijangkau serta tidak membutuhkan biaya yang besar, padahal obyek tersebut sangat menarik. Misalnya : saya tinggal di kota Bogor, rekreasi ke Kebun Raya, Istana Negara, Kebun teh di Puncak, Air panas di Ciseeng, Gunung Geulis, Gua Gudawang, Kaki gunung Salak, Gunung Pangrango, Sungai Cisadane, Ciomas tempat kerajinan kulit tas, sepatu dan tempat lain lainnya.

Perlengkapan.

Baju santai, sepatu yang layak untuk jalan kaki, catatan saku dengan ballpoint,topi, tas punggung dan uang secukupnya. Jangan lupa kamera.

Cara melaksanakan :
Berangkat dari rumah menuju tempat tujuan dapat menggunakan kendaraan sendiri, atau menggunakan kendaraan umum.

Dalam perjalanan buatlah catatan kecil atau membuat foto suasana , obyek langka dan nama tempat yang menarik.

Berikan anggukan dan Sapalah orang yang bertemu dengan kita dalam perjalanan. Coba hampiri orang yang sedang bekerja mengerjakan sesuatu yang belum pernah kita ketahui. Misalnya orang yang sedang menjemur buah pala, orang yang sedang membuat tepung tapioka, orang yang sedang menganyam tikar, orang yang sedang mengambil pasir serta melihat kegiatan penduduk sekitar sungai dan lain lain.

Hampirilah rumah penduduk yang keluarganya “well come”, kita dapat informasi tentang kehidupan social budaya setempat. Kita akan mendapatkan informasi yang tidak terduga dan menarik. Mendapatkan informasi tempat yang menarik yang mungkin akan kita kunjungi lain waktu. Juga kita sering mendapatkan cerita asal usul daerah tersebut, misteri di sekitar daerah dan lainnya.

Berikan informasi yang menarik bagi keluarga yang kita kunjungi sesuai dengan pengetahuan atau profesi kita. Misalnya mengenai lingkungan, pendidikan atau kesehatan. Ini akan menambah wawasan mereka bahkan bagi kita sendiri.

Keakraban yang mendadak biasanya kita mudah untuk dapatkannya. Paling berkesan adalah bila kita dapat mengajak makan bersama dan tidak keberatan mereka untuk masak sendiri di rumah dengan bahan bahan makanan yang ada. Jangan lupa dengan memberikan uang secukupnya untuk belanja bahan makanan.
Tentu merekapun menyetujui dan senang, kadang kadang merekapun mengajak tetangganya untuk makan bersama.

Dengan demikian keluarga yang kita kunjungi kita harapkan merasa senang demikian juga kita.




vertex island

Tidak ada komentar: