Minggu, 06 Februari 2011

BIUS LOKAL INFRA ORBITAL PADA OPERASI BLEFAROPLASTI

Block anestesi pada syaraf infraorbital sering digunakan untuk anestesi regional wajah. Prosedur ini lebih banyak kelebihannya dibandingkan local tissue infiltration.

Karena :
1. Membutuhkan obat anestesi lebih sedikit.
2. Tidak menimbulkan distorsi jaringan yang akan dioperasi.

Diketahui bahwa syaraf Infraorbital merupakan syaraf sensoris kelopak mata, bagian lateral hidung dan bagian atas bibir. Syaraf ini merupakan cabang syaraf syaraf maxillaries masuk ke wajah melalui canalis infra orbital.

Oleh karena itu, keberhasilan blok anestesi infraorbital efektif untuk melaksanakan operasi Blefaroplasti kelopak bawah.

Obat yang sering kami gunakan adalah campuran bupivacaine dan lidocaine dengan perbandingan sama banyaknya. Campuran kedua macam obat anestesi itu agar mendapatkan onset yang cepat dengan durasi yang lebih lama, dapat sampai tiga jam.


Teknik pelaksanaan :

1. Letakkan gumpalan kecil kapas yang telah dicelupkan pada obat anestesi Lidocaine diantara gigi dan permukaan mukosa bibir, di depan gigi premolar. Lamanya kurang lebih satu menit.

2. Tentukan letak foramen infraorbital.

3. Suntikan kurang lebih sejauh setengah sentimeter obat campuran bupivacaine dan lidocaine dengan arah menuju pupil dari mukosa depan premolar.

Bila Block anestesi pada syaraf infraorbital ini tidak berhasil, lakukan anestesi infiltrasi di daerah lipatan buccal atas sebanyak 5 cc, Lakukan massage kurang lebih sepuluh menit.






vertex island

Tidak ada komentar: