Minggu, 22 November 2009

One man One tree.

One man One tree: Mudah mudahan slogan dan pelaksanaanya dapat di mengerti oleh setiap insan masyarakat Indonesia.

Memang perlu ditanamkan kesadaran untuk menjaga lingkungan. Dengan di mulai berpartisipasi menanam satu pohon setiap orang saja, maka akan tumbuh tumbuh berjuta pohon yang dapat berarti bagi kehidupan kita.

Tak ingin ketinggalan berpartisipasi, kegiatan ini dilaksanakan juga oleh anggauta XPJ yang difasilitasi oleh Sekjen Kehutanan kita Pak Boen Purnama.
pelaksanaannya hari Sabtu 21 Nopember 2002, Jam 10.00 Taman Nasiomal Cibodas.

Semua anggauta XPJ kebagian masing masing menanam pohon Rasamala. Pohon Rasamala akan tumbuh besat dan tinggi. Berbatang lurus, kayu keras, berdaun rindang. Tentunya memiliki daya serap air yang dapat diandalakan, untuk mencegah banjir. Pucuk daun Rasamala terasa sepet, dikenal oleh masyarakat berkhasiat melegitkan vagina. Bisa di coba... Mudah mudahan lima tahun mendatang pohon ini sudah bisa dipanjat. Paling tidak dapat dikenang bahwa sekelompok pohon Rasamala yang diatas danau dekat jurang itu ditanam oleh anggauta XPJ'

Hmmm bahagianya sudah berapa puluh tahun tidak pernah pegang pacul. Kali ini macul disaksikan pak Sekjen....
Buka plastikbagnya...... cangkul....tanam pohonnya......urug dengan tanah..... padatkan ....... Bekas plastik gantungkan pada tonggak penopang............... Begitu selanjutnya sampai masing masing menanam Rasamala..... Semoga cepat besar..

Acara inti XPG tersebut dilanjutkan menelusuri hutan Gunung Pangrango. Pada kegiatan ini kami melalui jalan setapak, banyak kita dapatkan berbagai informasi tentang G. Pangrango.

Pemandu jalan menerangkan berbagai jenis tanaman yang dijumpai : Tanaman yang berkhasiat untuk batuk, pegal linu tulang belakang, obat kuat laki laki untuk wanita juga ada, tanaman yang bikin gatal kalau kena kulit, untuk ambeyen, untuk rambut, sakit mata, ada tumbuhan yang baunya seperti obat miyak angin, seperti baunya verban juga ada, malahan ada yang seperti bau kentut, ada tananam yang berguna kalau kita tersesat di hutan sebagai makanan darurat ( rasanya enak lho), ada tanaman sebagai sumber air minum. o ya, ada tanaman paku yang batangnya diambil untuk media pohon anggrek kita. Sayang pohon paku ini banyak yang rusak pangkal pohonnya karena dicuri.

Tidak ada komentar: