Selasa, 18 Agustus 2009

10 Tips Lensa Kontak RGP agar lebih awet.

Lensa kontak RGP biasanya dapat dipakai lebih dari tiga tahun. Namun untuk pemakaian ini dapat lebih lama sampai delapan atau sembilan tahun. Ini perlu perawatan yang baik dan benar.

Lensa kontak RGP dapat menempel pada kornea mata selama tujuh sampai sepuluh hari, bahkan ada yang bulanan, kemudian ditanggalkan semalam.

Pengguna lensa kontak RGP ini tetap nyaman, karena kornea ( selaput bening mata) tetap mendapatkan Oksigen dengan lancar melalui pori pori lensa kontak RGP. Pori pori yang terdapat pada lensa kontak inilah yang perlu dipertahankan jangan sampai terganggu lalu lintas nya.

Beberapa tips agar Lensa Kontak RGP lebih awet :

1. Bersihkan lensa kontak pada waktunya, misalnya RGP yang mingguan dibersihkan pada hari Sabtu malam sebelum tidur. Dipasang kembali keesokan paginya. Lakukan sebaiknya setiap hari Sabtu agar mudah mengingat. Demikian juga lensa kontak yang pemakaiannya bulanan.


2. Bersihkan lensa kontak RGP , metodenya seperti mencuci baju. Bilas, cuci pakai sabun kemudian bilas kembali menggunakan air. Demikian pula lensa kontak RGP gunakan aqua sebagai pembilas, kemudian cuci menggunakan cairan pembersih yang khusus oleh pabrik pembuat lensa kontak RGP sampai bersih akhiri dengan pembilasan aqua sampai bersih.

3. Membersihkan lensa kontakRGP harus dilakukan sebelum dipasangkan pada kornea. Demikian juga setelah ditanggalkan dari kornea , agar lensa kontak RGP disimpan dalam tempat penyimpanan, cairannya tetap jernih.

4. Cairan pembilas cukup menggunakan air Aqua yang bersih. Jangan diambil dari dispenser. Cairan yang dingin atau panas akan merusak pori pori lensa kontak RGP.
Cairan pencuci harus menggunakan cairan yang sesuai dengan pabrik pembuatnya. Karena koloid yang terkandung dalam cairan tersebut sudah disesuaikan dengan diameter pori pori lensa kontak RGP tersebut. Jangan menggunakan cairan pencuci dengan merek yang berlainan.

.5 Lakukan pembilasan dan pencucian lensa kontak RGP diletakkan pada telapak tangan kiri, jari kelingking kanan letakkan pada permukaan dalam lensa kontak RGP.
Kemudian gerakkan melingkar searah jarum jam dan sebaliknya, bergantian. Bersihkan lensa kontak RGP dengan gerakan tersebut sehingga permukaan luar dibersihkan oleh telapak tangan kiri dan permukaan dalam lensa kontak RGP oleh gerakan jari kelingking kanan.

5 Tanda bahwa lensa kontak RGP telah bersih dicuci, bila kelingking kanan pada waktu membilas menggunakan aqua sudah terasa kesad, tidak licin.

6. Bersihkan lensa kontak RGP menggunakan jari kelingking kanan. Jangan menggunakan jari telunjuk, karena jari telunjuk diameternya lebih besar dibandingkan diameter lensa kontak. Sehingga permukaan dalam lensa kontak RGP tidak terjangkau, akan tetap kotor dan memungkinkan terjadinya endapan .
Selain itu jari telunjuk akan merubah kelengkungan permukaan lensa kontak. Fitting lensa kontak akan tidak baik, ketajaman penglihatanpun akan berubah.

7. Waktu mencuci lensa kontak RGP, kuku jari kelingking tidak boleh panjang. Kuku panjang akan menimbulkan goresan pada bagian dalam permuakaan lensa kontak.

8. Sewaktu menggunakan lensa kontak RGP jangan menggunakan obat tetes mata apapun. Zat kimia yang terkandung di dalam obat tetes mata akan merusak dan menutupi pori pori lensa kotak RGP. Lensa kontak RGP tidak akan terasa nyaman lagi dipakai dalam waktu lama. Baru beberapa jam rasanya ingin segera ditanggalkan, perih.

9. Tempat penyimpanan lensa kontak RGP, cairan di dalamnya harus tetap jernih. Bila sudah tampak keruh, segera ganti dengan cairan pencuci yang baru.

10. Setelah beberapa tahun pemakaian lensa kontak RGP, periksa apakah ada titik coklat yang menempel pada permukaan lensa kontak.Biasanya berupa titik endapan yang keras. Keadaan ini harus segera dibersihkan.

Dengan perawatan lensa kontak RGP yang baik dan benar memungkinkan pemakaiannya lebih lama. Perawatan lensa kontak ini sangat praktis karena hanya dilakukan seminggu sekali. Sedangkan jenis lensa kontak RGP bulanan, lebih praktis, karena mencucinya hanya satu bulan sekali. Wueenak to?!!

1 komentar:

key_rosie mengatakan...

When contact lenses began to hit the market, these lenses were hard and unhealthy for the eye, so a way was sought to improve the material with which they were manufactured.
You can acquire more information on the following website
👇🏻
Contact lens market