Rabu, 04 Maret 2009

Tips untuk mengetahui Miop pada anak secara dini.

Mata Miop atau Mata min atau rabun jauh, suatu keadaan dimana bayangan obyek yang dilihat tidak tepat lapisan syaraf penerima rangsangan melihat ( retina). Keadaan ini untuk memperjelas obyek yang di lihat memerlukan kaca mata minus.
Mata Miop pada anak harus segera diketahui oleh kedua orang tuanya. Agar tidak timbul fungsi penglihatan yang buruk selama perkembangan anak,

Ada beberapa tanda pada anak Miop yang dapat membantu orang tua untuk mendeteksi lebih dini :
1. Mata Miop pada bayi sejak umur satu bulan belum tampak fiksasi terhadap obyek benda yang ditunjukkan, Seolah olah tidak ada rangsangan untuk melihat.

2. Kedua mata anak tampak bergerak gerak horizontal secara ritmis. Menunjukkan kemungkinam besar terdapat Miop.

3. Kedua mata anak tidak simetris. Tampak juling. Biasanya terdapat Miop yang berbeda besar Dioptrinya diantara ke dua mata.

4. Bila melihat jauh, memicingkan kedua matanya, kadang kadang disertai menggerakan atau memiringkan kepalanya. Selain miop sering disertai astigmat, yang perlu dikoreksi dengan kaca mata silinder.

5. Bila membaca, jarak mata Miop terhadap buku sangat dekat.

6. Keluhan penglihatan anak waktu membaca kadang kadang jelas kadang kadang buram atau waktu membaca sebagian huruf hurufnya buram. Kemungkinan anak terdapat Miop astigmat.

7. Di depan TV, anak dengan Maya min lebih senang melihat dengan jarak yang sangat dekat.

8. Di kelas, anak Miop selalu menanyakan teman sebangkunya mengenai apa yang tertulis di papan tulis.

9. Laporan dari wali guru terhadap anak Miop, anak selalu maju ke depan kelas untuk memperjelas tulisan yang ada di papan tulis.

10. Terjadi penurunan hasil ulangan atau evaluasi belajar, disebabkan adanya hambatan penglihatan .

11. Bila salah satu atau kedua orang tuanya menggunakan kaca mata tebal. Kemunginan mata Miop diturunkan kepada anaknya. Periksakan anak sedini mungkin, Mata Miop harus segera di tangani.



Vertex Island

Tidak ada komentar: