Sabtu, 21 Maret 2009

Lensa kontak RGP memiliki keunggulan dibandingkan dengan jenis lensa kontak lainnya.

Lensa kontak RGP: Rigid Gas Permiable atau Oxygen Gas Permiable contact lens merupakan jenis lensa kontak selain lensa kontak soft dan lensa kontak hard.

Lensa kontak RGP, memiliki bentuk kaku ( rigid) seperti lensa kontak hard, namun memilik sifat seperti lensa kontak soft, nyaman dipakai dan berjangka lama waktu pemakaian lensa kontak ini.

Lensa kontak RGP, memiliki diameter yang lebih kecil dibandingkan lensa konta soft, diameternya lebih kecil dari pada lingkaran kornea.

Lensa kontak RGP, terbuat dari bahan silicon hidrogel. Bahan ini memungkinkan berlalunya oksigen dari luar lensa kontak ke permukaan kornea. Kornea masih tetap dapat “ bernafas” di bawah lensa kontak. Sehingga lensa kontak RGP ini mampu terpasang dalam jangka waktu lama pada kornea mata.

Lensa kontak RGP memiliki beberapa keunggulan lainnya :

1.Lensa kontak RGP mampu menahan tidak bertambah besarnya kelainan refraksi mata. Misalnya penderita memiliki Miop Minus 5, dengan menggunakan lensa kontak RGP akan tetap bertahan dalam jangka waktu lama.
Oleh karena itu lensa kontak RGP, dianjurkan pada penderita yang menggunakan kaca mata minus yang bertambah secara progresif.

2. Lensa kontak RGP, terpasang pada kornea mata selama satu minggu bahkan ada yang mencapai satu bulan. Hanya memerlukan semalam untuk dilepas dari mata, dicuci dan disimpan. Praktis pada pemakaiannya.

3.Astigmatis dengan menggunakan Lensa kontak RGP dapat terkoreksi, sehingga ketajaman penglihatan dapat optimal. Astigmat terdapat pada penderita yang memiliki Minus silinder. Lensa kontak soft tidak dapat mengkoreksi astigmat, lensa kontak ini masih memerlukan kaca mata lensa silinder untuk mencapai penglihatan optimal.

4. Lensa kontak RGP lebih awet dipakai, dapat lebih dari empat tahun. Lensa kotak soft biasanya tidak lebih dari sepuluh bulan.

5. Lensa kontak RGP, lebih aman dibandingkan dengan lensa kontak soft. Bila terjadi sesuatu pada mata, misalnya infeksi : pengguna lensa kontak RGP akan segera ingin melepaskan lensa kontaknya karena rasa tidak nyaman. Tentunya harus segera diobati infeksi tersebut. Tanda pengaman ini tidak terdapat pada lensa kontak soft, sehingga tidak terasa pengguna lensa kontak soft sudah mengalami infeksi yang lebih parah.

6. Pengecilan obyek benda yang dilihat menggunakan Lensa kontak RGP, relatif tidak besar. Mengecil 5-7 % pada minus 5 Dioptri, sedangkan menggunakan kaca mata mencapai 22- 24 %.
Sehingga Lensa kontak RGP dapat digunakan oleh penderita yang memiliki perbedaan besaran dioptri pada ke dua mata . Penderita yang memiliki perbedaan lebih dari 2 dioptri tidak dapat nyaman menggunakan kaca mata.

7. Lensa kontak RGP aman dipasangkan pada anak anak bahkan bayi.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Keren tuh infonya mas e & mbakee. Saya juga menemukan online shop baru yang menjual SoftLens warna online x2, geo lens, omega dengan harga terjangkau dan gratis ongkos kirim serta dapat dipercaya. ayo cekidott...