Minggu, 22 Maret 2009

Rumah Kecil – Rumah Mini agar terkesan lebih luas

Walaupun memiliki rumah kecil tentunya ingin agar merasa betah dan nyaman. Terasa tidak sumpek, ruangan dimana kita tinggal terasa lebih luas, tanpa menambah bangunan.
Bagaimanakah agar kita dalam rumah kecil berkesan dalam ruang yang lebih luas?

1. Rumah mini akan terasa lebih luas bila kita menggunakan furniture rumah tangga disesuaikan dengan besarnya ruangan. Misalnya tidak menggunakn sofa besar yang akan tampak mempersempit ruangan. Lukisan atau hiasan di dinding tidak terlalu besar.

2. Meletakkan dan memilih alat alat rumah tangga Rumah mini, lakukan berfikir sebagai seorang Pelaut. Memanfaatkan ruangan seefektif mungkin seperti di dalam kabin kapal boat. Misalnya tempat tidur kolongnya digunakan sebagai laci.

3. Konsep sudut pandang diagonal pada rumah mini. Ruangan akan tampak lebih luas bila kita berdiri dari sudut ruangan. Kita ingat diagonal ruangan lebih panjang dibandingkan sisi ruangan.
Buatlah pintu masuk diletakkan di dekat sudut ruangan.

4. Cat ruangan jangan berwarna gelap. Rumah kecil sangat perlu berwarna terang.

5. Buatlah langit langit rumah mini bergradasi tingginya. Misalnya ruang keluarga langit langitnya lebih tinggi dibandingkan ruang tamu. Selain berkesan lebih luas juga berkesan well come.

6. Buatlah jendela berkaca ruangan yang lebih lebar, terutama kearah pandangan halaman luar yang paling bagus. Ruangan rumah mini akan berkesan lebih luas. Tempatkan dasar jendela tidak lebih dari satu setengah meter, letakkan paling sedikit 60 cm dari lantai.

7. Letakkan suatu obyek benda yang lain bentuknya sebagai aksen di bagian tengah ruangan. Misalnya rak buku yang tidak terlalu tinggi atau devider.

8. Disaat kita berada dalam rumah bukalah pintu pintu kamar. Misalnya kita berada di ruang keluarga bukalah pintu kamar tidur, di dalam rumah mini ini berdampak ruangan akan terasa lebih luas.

Tidak ada komentar: