Jumat, 17 Maret 2017

PATUNG EMAS TERBESAR DI DUNIA ADA DI KUIL BUDHA BANGKOK





Kalau kita jalan jalan ke Bangkok, sempatkan waktu ke Kuil Patung Emas Buddha yang dikenal sebagai Ton Gold Budha.

Kuil tempat patung Buddha ini terletak di dekat stasiun kereta api Hualampong, Terletak di. distrik Samphanthawong, di Chinatown. 


Di lihat dari letaknya di China town, kemungkinan besar dibuat oleh imigran dari China yang emigrasi ke Thailand.








Kuil ini namanya kuil Wat Traimit yang merupakan salah satu patung Budha yang unik  ada di kota Bangkok. Patung Budha ada di dalam kuil ini terbuat dari emas yang solid dengan berat lima setengah ton, ukuran tingginya tiga meter.

Patung emas ini paling besar di dunia. Konon patung ini dibuat 700 tahun lalu. 

Yang menarik patung ini dilihat dari sudut sejarahnya. Patung emas ini ditemukan kembali secara tidak sengaja 40 tahun yang lalu. Ditemukan dalam bentuk terbungkus lapisan semen. Agar tidak tampak sebagai emas, disembunyikan pada saat penyerangan tentara Burma sewaktu menyerang Thailand pada abad delapan belas.

Agar tidak dikuasai atau tidak diambil alih maka patung dilapisi lagi dengan tanah liat. Diketahui patung tersebut terbuat dari emas. Pada saat jaman Thailand telah aman, patung tersebut dipindahkan tempatnya. Dari retakan waktu memindahkan, diketahui bahwa patung tersebut terbuat dari emas. Hebat ya… orang saat itu tidak menyangka.

Nah kalau kita sampai di kuil tersebut, tampak bangunan yang tinggi. Bangunan ini terdiri atas tiga lantai. Diantaranya lantai dua menggambarkan sejarahnya perjalanan kehidupan Sidarta Budha Gautama. Patung emas ini terletak pada lantai ke tiga.

Kalau kita ingin langsung masuk ke dalam kuil yang terdapat patung emas itu dapat melalui lift.
Di tengah  ruangan tersebut tampak kemilau emas yang indah melukiskan sang Budha sedang duduk. Tampak di depan patung banyak pengunjung yang beragama Budah melaksanakan sembahyang dengan melengkapi dupa yang di pegang oleh kedua tangannya.

vertex island

Tidak ada komentar: