Minggu, 17 November 2013

PENYEBAB DAN PENCEGAHAN PIKUN - DEMENSIA

  
Demensia adalah istilah yang menggambarkan keseluruhan berbagai gejala yang berhubungan dengan penurunan intelektual  yang melibatkan :

    Penurunanan memori, komunikasi dan bahasa
    Kemampuan untuk fokus dan perhatian
    Penalaran dan penilaian
    Persepsi visual
    Kemampuan berpikir seseorang untuk melakukan aktivitas sehari-hari.
  
Orang demensia mengalami masalah pada memori jangka pendek, misalnya melacak tas atau dompet , membayar tagihan, merencanakan dan menyiapkan makanan , mengingat janji atau bepergian keluar dari lingkungan .  
Diantaran gejala demensia adalah penyakit Alzheimer sekitar  60 sampai 80 persen dari kasus .
Demensia yang paling umum adalah tipe vaskular, yang terjadi setelah stroke, tapi ada kondisi lain yang dapat menyebabkan gejala demensia,  misalnya karena kelainan tiroid atau kekurangan vitamin .


Penyebab dan pencegahan demensia :

Demensia sulit untuk dicegah , karena peyebabnya sering tidak diketahui .
 
Namun diantaranya dari hasil penelitian
•    Kurangnya aktivitas fisik melakukan Olah raga dapat menyebabkan demensia. Untuk itu perbanyak latihan olah raga untuk menciptakan  kebugaran .

•    Diet dengan mengurangi jumlah kalori sebagai asupan tubuh, menybabkan perfusi ke otak berkurang.


•    Pendidikan rendah - khususnya tidak lulus sekolah dasar.  Pendidikan rendah memungkinkan lemahnya kegiatan kognitif dan kegiatan mental lainnya.  Perawatan secara mental dengan belajar hobi baru , membaca, memecahkan teka-teki silang, melibatkan kegiatan sosial, menghadiri kegiatan masyarakat, gereja, mesjid atau kelompok dukungan . Membaca Al Qur’an secara rutin dapat mencegah Alzheimer .

•    Merokok, 14 % kasus di seluruh dunia dikaitkan dengan merokok. Untuk mencegah terjadinya demensia usahakan jangan merokok.

•    Depresi salah satu penyebab timbulnya demensia. Segera ditangani keadaan depresi.

•    Hipertensi, Diabetes Melitus dan Obesitas, sebagai penyebab yang sering menimbulkan Demensia. Atasi penyakit penyakit tersebut.

Banyak demensia yang progresif, gejala dimulai perlahan-lahan, secara bertahap menjadi lebih buruk .
Jika Anda atau orang yang dicintai mengalami kesulitan memori atau perubahan lain dalam kemampuan berpikir, jangan abaikan mereka.

Periksa ke dokter segera untuk menentukan penyebabnya . Evaluasi Profesional dapat mendeteksi kondisi yang dapat diobati . Dan jika terdapat gejala demensia, diagnosis dini memungkinkan seseorang untuk mendapatkan perawatan dan penanganan yang maksimal.

vertex island

Tidak ada komentar: