Rabu, 06 Juni 2012

TIPS HEMAT AIR DI RUMAH

PEMAKAIAN AIR RUMAH TANGGA YANG LEBIH EFEKTIF


Hemat air di rumah merupakan tindakan bijaksana bagi lingkungan sehubungan dengan krisis air bersih yamg makin lama makin terasa terutama di kota besar.

Hemat air di rumah, tagihan langganan air ledeng akan berkurang, demikian juga pemakaian air tanah yang berasal dari air pompa atau air sumur.
Sehingga perlu dilakukan beberapa cara untuk mengurangi konsumsi air untuk kegiatan rumah tangga :

1. Yakinkan selalu seluruh kran air di rumah dimatikan selama tidak ada pemakaian. Apakah setelah mandi, mencuci atau meninggalkan rumah.

2. Pantau apakah ada kebocoran instalasi pipa air di lingkungan rumah. Kita dapat mengetahui ada kebocoran dengan melihat alat meteran pemakaian air ledeng. Segera perbaiki pipa pipa air yang bocor.

3. Buatlah menara bak penampungan air, dengan alat otomatis, bila air penuh, mesin pompa berhenti.

4. Air mandi jauh lebih hemat menggunakan shower dibandingkan menggunakan gayung.

5. Mencuci piring atau alat alat dapur, jauh lebih hemat air menggunakan dua ember sebagai tempat membersihkan dan membilas, bila dibandingkan mencuci langsung dari kran air.

6. Mencuci kendaraan apakah sepeda motor atau mobil. Hindari pemakaian selang yang terus mnerus. Air selang digunakan hanya untuk membasahi kendaraann, selanjutnya setelah memberikan sabun atau shampo kendaraan gunakan air dari ember. Air ember yang yang sudah kotor segera diganti air bersih. Cara ini lebih hemat dalam menggunakan air.

7. Tanaman agar tetap subur, menggunakan selang penyiram akan lebih hemat air, lakukan di sore hari agar air mudah meresap ke dalam tanah.


vertex island

Tidak ada komentar: