Minggu, 24 Juni 2012

FLOATERS, BAYANGAN HITAM YANG MENGHALANGI PANDANGAN

SEGERA PERIKSA DAN ATASI


Floaters adalah bayangan yang tampak menghalangi pandangan sebagai titik-titik gelap, garis atau partikel partikel yang banyak, benda melayang tersebut bergerak seolah-olah mengambang di mata.

Floaters terdapat sebagai akibat kelainan di retina. Retina merupakan jaringan yang melapisi bagian dalam belakang mata sifatnya peka cahaya. Retina kemudian mengirimkan sinyal visual ke otak, menghasilkan gambar visual.

Floaters tampak atau menghilang pada gerakan mata, misalnya berkedip. Mereka mengikuti gerakan mata, tapi meninggalkan kesan terdapat di belakang dan mengapung, berhenti lama setelah mata berhenti bergerak.

Bayangan ini tampak jelas ketika melihat sebuah obyek di tempat yang terang . Misalnya melihat ke dinding putih atau langit yang cerah atau oarng yang baru keluar dari ruangan yang redup ke ruang yang lebih terang.

Floaters dikeluhakan pada satu atau kedua mata.

Kebanyakan orang pernah melihat floaters beberapa waktu selama hidup mereka. Bisa terjadi di orang dewasa bahkan di usia remaja dan 20-an
Mata miopia sangat mungkin untuk memiliki floaters di usia muda.


PENYEBAB FLOATERS :

Sebagian besar floaters disebabkan perubahan degeneratif normal dalam jaringan vitreous. Vitreus berisi substansi seperti jelly yang mengisi sebagian besar di dalam mata.

Kadang-kadang orang mengeluh adanya floaters karena retina robek, tanpa ablasi retina/ terlepasnya retina dari bagian dasarnya. Dalam hal ini, biasanya dapat diatasi dengan prosedur bedah minor. Secara efektif dapat mencegah ablasi retina. Sebagian retina yang robek kecil tidak memerlukan pengobatan apapun.

Beberapa orang memiliki floaters disebabkan darah rembes pada pembuluh darah yang tumbuh abnormal. Pertumbuhan pembuluh darah abnormal sering menyebabkan jaringan parut yang cenderung menyusut. Penyusutan ini dapat menyebabkan kerutan, distorsi, robek atau lepasnya retina.

TINDAKAN ADANYA FLOATERS :

Prosedur bedah minor biasanya dapat mencegah masalah yang lebih besar, dengan dasar diagnosa dini. Jika masalah ini menjadi serius, operasi mata mungkin diperlukan untuk mencegah kebutaan. Namun, operasi kadang-kadang tidak dapat sepenuhnya membalikkan kerusakan yang disebabkan oleh jaringan parut.

Tidak ada obat yang tersedia yang efektif dalam mengobati floaters.

Pasien dengan floaters karena penyakit inflamasi mata dapat dibantu dengan obat-obatan untuk mengobati peradangan yang terdapat di organ lain sebagai sumber infeksi.

Walaupun floaters dapat mengganggu, kebanyakan orang belajar untuk mengabaikan adanya floaters.


Mereka yang memiliki floaters lama tanpa banyak perubahan, harus dilakukan pemeriksaan mata.

Seseorang yang tiba-tiba floaters aemakin banyak atau bertambah besar, mungkin terjadi perdarahan di mata.

Orang dengan floaters bersamaan dengan adanya 'tirai' yang menghalangi pandangan. Ini bisa menunjukkan adanya ablasi retina, merupakan pengembangan dari robekan retina.

Orang dengan gejala-gejala tersebut harus segera diperiksa oleh dokter mata.

Evaluasi floaters harus mencakup pemeriksaan retina dan vitreous melalui difragma mata/ pupil yang lebar.

Diagnosis dini dan pengobatan floaters dapat mencegah masalah serius dan dapat meningkatkan kesempatan untuk melestarikan penglihatan.



vertex island

Tidak ada komentar: