Kamis, 29 Desember 2011

LIPATAN KELOPAK MATA

KELOPAK MATA ORIENTAL, AGAR MEMILIK LIPATAN KELOPAK MATA



KELOPAK MATA ORIENTAL SEBELUM OPERASI















KELOPAK MATA ORIENTAL 1 HARI SETELAH OPERASI




Pada orang normal waktu membuka mata, kelopak mata tampak lipatan kelopak. Tetapi pada ras Oriental, ras China, lipatan kelopak mata sangat rendah bahkan tidak ada.

Orang yang memiliki lipatan kelopak mata, maka kelopak mata tampak lebih bagus, terdiri atas dua segmen. Oleh karena itu, disebut "double eyelid" (kelopak mata ganda), sedangkan yang tidak memiliki pembentukan lipatan disebut "single eyelid" ( kelopak mata tunggal ).

Perbedaan Anatomi kelopak mata double eyelid dan single eyelid :

Pada saat kelopak mata berkerut, tampak adanya hubungan yang kuat antara bagian depan dari badan tarsal dan bagian belakang kulit, yang dibuat oleh koneksi fibrosa yang menembus otot orbicularis. Koneksi ini sedikit atau tidak ada pada kelopak mata Oriental.

Ketika membuka mata, otot levator menarik ke atas, jaringan kulit orbicularis-tarsal diangkat tinggi, memungkinkan kulit di atas koneksi fibrosa akan lebih tinggi di atasnya untuk menggantungkan ke bawah dan menghasilkan lipatan.




Secara anatomis kelopak mata Oriental :

1. Lemak orbital lebih meluas ke bawah.
2 Jaringan fibrosa sebagai ujung aponeurosis sangat sedikit atau tidak ada yang menempel ke kulit.
3. Septum orbital lebih lemah, ini memungkinkan untuk tonjolan lemak.
4. Jaringan lemak sub kutan pada alis sampai pinggiran kelopak mata lebih tebal .


Agar tampak terdapat lipatan kelopak mata pada saat membuka mata, dapat diusahakan dengan :

1. Membuat Lipatan kelopak mata tanpa operasi.
Dengan menempelkan selotip transparan dari tepi kelopak mata sampai ke tempat lipatan. Selotip ini sudah terdapat sediaannya secara komersial. Pemasangan yang rapih, dan pemakaiankosmetik yang tepat, cara ini dapat dilakukan.

1. Membuat Lipatan kelopak mata dengan jalan operasi. Bedah Insisi.
Terdapat bermacam macam teknik operasi, diantaranya yang banyak dilakukan adalah :

• Dengan membuat sayatan . Metode insisional.
Pada bagian yang diharapkan tempat lipatan disayat, kemudaian dibuat pada tiga atau empat tempat sayatan tersebut dibuat ikatan antara kulit aponeurosis/ Tarsus. Dengan metoda ini sangat baik hasilnya. Lipatan kelopak mata awet dengan durasi yang lama.

• Tanpa sayatan. Metode Jahitan.

Satu variasi yang dikenal sebagai DST. ( Double Sutures with Twisting ) Dibuat jahitan ganda dengan memutar dari bagian dalam kelopak mata kearah luar kelopak mata, tanpa membuat sayatan. Dilakukan pada tiga tempat. Sementara dipromosikan hasilnya permanen stabil. Tetapi sebagaian akhli tidak setuju karena lipatan akan memudar lebih dini 1-8 bulan setelah operasi.

Dibandingkan dengan bedah insisional, metode jahitan lebih cepat dan lebih mudah untuk melakukan, waktu pemulihan secara signifikan lebih pendek, dan biaya kurang. Sementara kurang invasif, risiko lebih kecil.


vertex island

Tidak ada komentar: