Selasa, 21 Desember 2010

XANTHELASMA, BERCAK PUTIH TEBAL DI SEKITAR MATA

Xanthelasma merupakan bercak tebal yang sering terdapat pada kulit sekitar kelopak mata. Letaknya terutama pada bagian atas atau bawah kelopak mata bahkan dapat meluas, sehingga bertemu di bagian hidung. Nah, kalau bercak di mata kiri dan kanan ini meluas maka akan tampak seperti bentuk kupu kupu diantara kedua mata.

Bercak Xanthelasma berwarna putih kadang kadang agak kekuningan dengan permukaan rata, kulit menebal sedikit menonjol ke permukaan dengan konsistensi agak kenyal keras dibandingkan kulit sekitarnya.

Bercak Xanthelasma ini tidak terasa sakit, namun menganggu penampilan pada wajah terutama pada wanita apalagi bila tampak telah lebih luas. Bercak ini merupakan deposit kandungan lemak pada kulit, mulai dari permukaan sampai ke bagian dalam kulit. Pada kelainan Xanthelasma yang telah lebar biasanya jaringan yang terkena mencapai dasar kulit.

Penderita Xanthelasma, biasanya datang ke dokter untuk menghilangkan bercak tersebut. Dokter menganjurkan untuk dioperasi agar bercak tersebut hilang, karena belum ada obat topical apapun yang dapat menghilangkan bercak Xanthelasma.

Untuk itu ada beberapa cara, untuk menghilangkan Xanthelasma, yaitu dengan cara:

1.Di bakar atau Krio, tindakan ini dapat menghilangkan Xanthelasma pada ketebalan kulit yang terkena masih tipis dan kecil.
Sulit untuk menentukan ketebalan jaringan yang terkena tidak tampak dari pemeriksaan luar, seberapa jauh ketebalan Xanthelasma. Sehingga kalau sudah mencapai lapisan bawak kulit, dengan tindakan ini tidak efektif. Kelak akan timbul kembali bercak Xanthelasma.

2.Tindakan operasi. Jaringan Xanthelasma dibuang seluas bercak yang tampak. Pada saat operasi akan tampak sampai mana jaringan Xanthelasma, sehingga dapat dibersihkan semaksimal mungkin agar tidak ada jaringan bercak yang tertinggal. Namun pengangkatan bercak ini harus hati hati dan benar agar tidak mengganggu bentuk dan fungsi kelopak mata. Pada bercak yang tebal dan lebar, akan mengurangi luasnya kulit kelopak mata. Pada reposisi kulit dapat menimbulkan Ektropion, bulu mata mengarah keluar, selaput mata yang berwarna merah menjadi tampak keluar. Agar tidak terjadi keadaan tersebut perlu penanganan yang baik, dengan membuat luka operasi yang lebih lebar, sehingga jahitan luka yang lebih panjang.

Disarankan bila terdapat bercak putih,rata, tudak terasa sakit, tebal, samakin lama makin meluas di sekitar mata, kemungkinannya bercak Xanthelasma. Perlu dilakukan tindakan sedini mungkin.


vertex island

1 komentar:

BMS mengatakan...

Slamat siang
Saya sudah 4 bulan bercak putih tebal dimata saya kanan kiri, memang tidak terasa sakit atau gatal, mohon petunjuk saya harus berobat kemana untuk menghilangkan bercak putih tebal sekitar mata.
Terimakasih,
Sani