Selasa, 08 Juli 2008

Penglihatan sentral yang terganggu....

Degenerasi Makula

Degenerasi Makula :Age–related macular degeneration (AMD) adalah kelainan yang terjadi pada bintik kuning retina, yang mana Bintik Kuning ( makula) retina ini berfungsi sebagai pengliatan sentral. Kelainan ini berpengaruh terhadap penglihatan jauh maupun dekat dan sangat mengganggu kegiatan sehari hari, misalnya tidak mampu/ kesulitan membaca atau memasukkan benang kedalam jarum. AMD ini penyebab utama kebutaan pada usia lebih 65 tahun. ( gmb bawah: Penderita yang mengalami gangguan pengliatan sentral)

AMD Simulation - Loss of central vision

Gejala Degenerasi Makula

Gejala penglihatan penderita mengeluh distorsi ( perubahan bentuk) atau Meluasnya bintik buta pada luas pandang penglihatan sentral. Luas pandang sekelilingnya tidak terkena, sedangkan penglihatan lurus ke depan terganggu untuk mengendarai kendaraan, membaca, mengenal muka orang dan melihat detil tidak mampu. Garis2 lurus tampak bengkok bengkok kacau.

Perkembangan terhadap resiko AMD yang paling utama adalah umur, bawaan keturunan, tekanan darah tinggi, penyakit jantung dan perokok yang telah diidentifikasi sebagai faktor resiko.

Tipe Degenerasi Makula

Sembilan puluh persen masyarakat yang mengidapAMD menunjukan AMD tipe Basah. Bentuk AMD ini ditandai adanya pertumbuhan/ pembentukan materi dibawah Bintik Kuning. Perkembangannya sering terjadi dalam beberapa tahun dan secara gradual bertendensi menjadi kebutaan.

AMD tipe kering lebih serius dan terjadi pada 10% penderita yang didiagnosa penyakit ini. Kebutaan dapat terjadi secara gradual atau mendadak. Bentuk AMD ini terjadi pertumbuhan abnormal pembuluh darah di bawah lapisan bintik kuning, kebocoran cairan dan darah, kerusakan retina. Keadaan inilah yang menyebabkan distorsi penglihatan dan kebutaan mendadak. Dye test diperlukan segera untuk membantu menegakan bentuk AMD.

Pengobatan

Pengobatan untuk AMD tipe basah, diutamakan untuk mempertahankan kelainan pelihatan sentral agar tidak lebih buruk. Penganan menggunakan Laser atau prosedur baru menggunakan prosedur yang dikenal sebagai photodynamic therapy (PDT), dapat membantu mencegah terjadinya kebutaan. Keuntungan PDT ini dapat menghambat kebocoran abnormal pembuluh darah dan dapat membatasi kerusakan yang lebih lanjut pada kelainan retina tersebut.

Sayangnya, pembuluh darah abnormal tersebut dapat tumbuh kembali atau mulai terjadi kebocoran lagi. Untuk itu setiap tiga bulan perlu pemeriksaan ulang, termasuk dye test. Penanganan yang berulang juga perlu dilakukan.

Pada AMD tipe kering, tidak ada terapi.

Degenerasi Makula dan Supplements Nutrisi

Walaupun penyebab pasti AMD belum diketahui secara pasti, penelitian ilmiah menunjukkan bahwa vitamin antioxidan dan zinc dapat mengurangi gejala akibat AMD pada penderita penyakit ini.

Ini sangat penting untuk diketahui bahwa vitamin supplemen tidak dapat mengobati AMD,



Tidak ada komentar: