Kamis, 24 Mei 2012

TAMAN YONGDUSAN & TOWER BUSAN, KOREA

TAMAN YONGDUSAN dan TOWER di BUSAN

Bila ke Korea di Busan janagan dilewatkan Taman Yongdusan dan kereta cepat KTX.

https://en.wikipedia.org/wiki/Busan_StationBusan_Station


Taman Yongdusan berlokasi di Yung Gu, Busan.Korea
Yongdusan taman dianggap sebagai tempat peristirahatan favorit bagi warga Busan. Hal ini disebut Yongdusan karena bentuk gunung terlihat seperti kepala seekor naga yang naik ke darat dari laut. Yongdusan taman memiliki luas sekitar 7 hektar. Taman yang dihiasi berbagai tanaman yang indah teratur diantaranya terdapat pohon Sakura yang sedang berbunga. Banyak menghiasi taman ini.  Di Korea juga banyak pohon Sakura, tulisan koreanya :
사쿠라

Halaman depan terdapat jam berdiameter 5 meter dikelilingi bunga berwarna yang tersusun menarik.

Di taman  Yong dusan ini terdapat Menara Busan, yang tingginya mencapai 118 meter. Dari menara ini dapat memandang Yongdusan Park dan pemandangan kota sekitarnya. Bahkan pada hari itu, hari sedang cerah, dari menara dapat melihat pulau Jepang (Tsushima Island).

Busan Tower di Yongdusan Park . Didirikan tahun 1973.

Di lantai pertama menara terdapat toko souvenir yang menjual kerajinan tangan tradisional Korea seperti topeng, gantungan kunci, dompet, tembikar, boneka, kipas mutiara dan banyak lagi.

Di bagian atas tower ada sebuah ruang observatorium di mana seluruh kota Busan dapat dilihat. Selain itu, ada beberapa tempat istirahat serta museum alat musik dan ruang pameran peninggalan budaya di sekitar Busan Tower.

Diantara jam bunga dan Menara Busan terdapat monumen Admiran Yi Sun-shi . Patung seorang pahlawan yang memimpin Angkatan Laut Joseon untuk sebuah mitos tak terkalahkan selama invasi Hideyoshi, ia adalah seorang prajurit sejati dan pemimpin yang berjuang untuk melindungi orang.

Seorang admiral, yang menunjukkan kekuatan angkatan laut dan mempersiapkan untuk pertempuran bertekad melawan Jepang,  menghadapi kekejaman yang mereka lakukan pada orang-orang Korea, dalam pertempuran dari Noryang di tahun 1598, di mana ia meninggal akibat terluka berat oleh peluru Arquebuse. 



Menara Busan ini merupakan tujuan wisata yang jangan di lewatkan. Saya mencapai kota Busan dari Seoul, jang berjarak 350 km, dapat dicapai menggunakan KTX, Korea Train Express, yang disebut juga :  Han-guk Gosok Cheoldo.

Korea Train Express (KTX) adalah kereta api berkecepatan tinggi yang dioperasikan oleh Korail. Teknologinya sebagian besar didasarkan pada sistem TGV / LGV Prancis. Layanan KTX diluncurkan mulai tahun 2004.
Saya menggunakan KTX, dari Seoul ke Busan yang berjarak 350 km hanya dicapai dalam waktu 2 jam 8 menit. Rupanya kendaraan ini pada saat menumpang rasanya sama dengan Sinkansen di Jepang. Cepat cepat sekali, halus suara melaju.
.
Top speed untuk kereta api di layanan reguler saat ini 305 km / jam (190 mph). Cepet banget yah….? Bandingkan dengan KRL Komuter Bogor Jakarta. Kapan di Indonesia punya kayak beginian.


vertex island

Tidak ada komentar: