Minggu, 08 Februari 2009

Bagaimana agar protesa mata dari segi estetik tampak seperti mata aslinya…?

1. Protesa mata terbuat dari bahan akrilik, mudah dibuat semirip mungkin dengan aslinya. Bahan ini ringan, harganya terjangkau, mampu menyerupai mata sebelahnya dalam hal : bentuk, warna, ukuran, kenyamanan, tidak menimbulkan reaksi terhadap jaringan sekitarnya.

2. Konsultasikan kepada dokter spesialis mata yang akan melakukan operasi pengangkatan bola mata. Agar teknik operasinya yang dapat mencapai hasil optimal, protesa mata dapat bergerak selaras dengan mata sebelahnya.

3. Bentuk protesa mata yang ideal. Protesa mata yang sudah terpasang tidak terlalu menonjol keluar atau sebaliknya.

4. Lingkaran hitam iris dan pupil pada protesa mata yang sudah terpasang, besarnya harus sesuai dengan mata sebelahnya. Letaknya sentral.

5. Ukuran protesa mata harus pas dengan rongga protesa ( socket ). Tidak terlalu kecil, tidak terlalu besar. Pada waktu mengedip, gerakan kelopak mata saat membuka dan menutup tidak ada hambatan, selaras dengan pergerakan kelopak mata sebelahnya.

6. Warna protesa mata seideal mungkin dalam hal warna kehitaman iris dan pupil. Demikian juga gradasi warna putih sklera. Warna pembuluh darah protesa mata secukupnya.

7. Gerakan protesa mata pada saat melihat ke kiri, ke kanan, ke atas, ke bawah harus seiring dengan pergerakan mata sebelahnya.

8. Protesa mata yang sudah terpasang, harus diperhatikan perawatan dan pemeliharaannya.
Pada protesa mata yang terpasang, bila terdapat banyak kotoran ( belek), merah sembab, terasa sakit. Ini sebagai tanda adanya peradangan infeksi. Untuk itu harus segera diobati, agar tidak terjadi pendangkalan socket. Bila terjadi pendangkalan socket (contracted socket) maka protesa mata tidak dapat terpasang.

Tidak ada komentar: